Skip to main content

Tata Cara Shalat Witir

Tata Cara Shalat Witir » Shalat Witir adalah shalat sunnah yang bilangan rakaatnya ganjil. Mengenai bilangan rakaatnya, paling sedikit adalah satu rakaat dan paling banyak adalah sebelas rakaat. Jumlah sebelas rakaat itu telah cukup dan inilah yang dilakukan oleh Rasulullah SAW. Sebagaimana dinyatakan oleh A’isyah ra “Tidaklah pernah Nabi SAW shalat malam (witir) melebihi sebelas rakaat“.
Walaupun hukum shalat Witir adalah sunnah, namun sangat di anjurkan untuk dikerjakan. Sebagaimana Sabda Nabi Muhammad SAW yang artinya :
Hai para pencita-cita Al-Qur’an, kerjakanlah shalat Witir. Sebab Allah itu tunggal (Esa). Dia suka kepada bilangan witir (ganjil).”
Adapun waktu shalat Witir adalah sesudah shalat Isya’ sampai terbit fajar. Cara mengerjakannya adalah dua rakaat satu salam, kemudian terakhir satu rakaat dengan satu salam dan bila dikerjakan tiga rakaat, maka tidak usah tasyahud awal supaya tidak menyerupai shalat Maghrib.
Sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad yang artinya :
Telah berkata ‘Aisyah : adalah Rasulullah SAW pernah shalat Witir tiga rakaat yang ia tidak selingi apa-apa (tasyahud) diantaranya“. (HR. Ahmad)
Sedangkan apabila shalat tarawih pada bulan Ramadhan sampai pada tanggal 15 Ramadhan sampai seterusnya, maka pada rakaat Witir yang terakhir yaitu ketika bangun dari ruku’, di sunnatkan membaca do’a qunut.
Bacaan niat shalat Witir dua rakaat :
Ushalli sunnatal witri rak’ataini lillahi ta’aalaa.
Artinya : Aku niat shalat sunnah Witir dua rakaat karena Allah Ta’ala.
Bacaan niat shalat Witir satu rakaat :
Ushalli sunnatal witri rak’atan lillahi ta’aalaa.
Artinya : Aku niat shalat sunnah Witir satu rakaat karena Allah Ta’ala.
Bacaan niat shalat Witir tiga rakaat :
Ushalli sunnatal witri tsalatsa raka’aatin lillahi ta’aalaa.
Artinya : Aku niat shalat sunnah Witir tiga rakaat karena Allah Ta’ala.
Doa setelah shalat Witir :
doa setelah shalat witir Tata Cara Shalat Witir 
Allaahumma Innaa Nas’aluka Imaanan Daa-Iman, Wa Nas’aluka Qalban Khaasyan, Wa Nas’aluka “Ilman Naafi’an, Wa Nas’aluka Yaqiinan Shaadiqan, Wa Nas’aluka ‘Amalan Shaalihan, Wa Nas’aluka Diinan Qayyiman, Wa Nas’aluka Khairan Katshran, Wa Nas’alukal ‘Afwa Wal ‘Aafiyah, Wa Nas’aluka Tamaamal Aafiyah, Wanas’alukasys Yukra Alal Aafiyah, Wa Nas’alukal Grilnaa ‘Aninnaas. Allaahumma Rabbanaa Taqabbal Minnaa Shalaatanaa Wa-Shiyaamanaa Wa Qiyaamanaa Watakhasy-Syu’anaa Wa Tadharru’anaa Wa Ta’abbudanaa Wa Tammim Taqshiiranaa, Yaa Allaahu Yaa Allaahu Ya Allaahu Yaa Arhamar Raahimi Washallallaahu ‘Alaa Khairi Khalqihi Muhammadin Wa ‘Alaa Aalihi Wa Shahbihi Ajma’iina Wal Hamdu Lillaahirabbil ‘Aalamiin.
Artinya:
“Wahai Allah! Sesungguhnya kami memohon kepada-Mu iman yang tetap, kami memohon kepada-Mu hati yang khusyu’, kami memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, kami memohon kepada-Mu keyakinan yang benar, kami memohon kepada-Mu amal yang shaleh, kami memohon kepada-Mu agama yang lurus, kami memohon kepada-Mu kebaikan yang banyak, kami memohon kepada-Mu ampunan dan afiat, kami memohon kepada-Mu kesehatan yang sempurna, kami memohon kepada-Mu syukur atas kesehatan, dan kami memohon kepada-Mu terkaya dari semua manusia. Wahai Allah, Tuhan kami! Terimalah dari kami shalat kami, puasa kami, shalat malam kami, kekhusyu’an kami, kerendahan hati kami, ibadah kami, Sempurnakanlah kelalaian (kekurangan) kami, wahai Allah, wahai Allah, wahai Allah, wahai Zat Yang Paling Penyayang di antara para penyayang, Semoga rahmat Allah tercurahkan kepada sebaik-baik makhluk-Nya, Muhammad, keluarga dan sahabatnya semua, dan segala puji milik Allah, Tuhan semesta alam”

Comments

Popular posts from this blog

Tata Cara Sholat Thajud

Sholat Tahajud Sholat tahajud merupakan sholat sunnah yang dilakukan pada waktu malam hari dalam satuan dua rakaat satu kali sala, pada waktu malam hari yaitu pada sepertiga malam akhir, atau setengah malam akhir, atau mendekati dua pertiga malam hingga waktu menjelang sholat subuh. Sholat sunnah tahajud dalam bahasa arab disebut Sholatun Lail yang artinya sholat di malam hari. Mengenai waktu pelaksanaan sholat tahajud para ulama memiliki pendapat yang berbeda ada yang mengatakan bahwa sholat tahajud mesti setelah terbangun dari tidur di malam hari, namun ada juga yang berbendapat bahwa sholat tahajud tidak mesti harus tidur terlebih dahulu.   Niat Sholat Tahajud Untuk niat sholat tahajud tidak jauh berbeda atau hampir sama dengan sholat sunnah lainnya, cukup pendek dan mudah untuk diingat.  Niat sholat tahajud adalah sebagai berikut : bahasa latin : Ushollii sunnatat tahajjudi rak’ataini lillaahi ta’aalaa. arti dalam bahasa Indonesia-nya : Aku (niat). shala

Review - Kefektivitasan Software Robomind dalam pembelajaran dasar pemrograman

REVIEW : The Effectiveness of Robomind Software in Basic Programming Learning K3519074 | Royan Gagas Pradana Penulis Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan . Latar Belakang Mempelajari materi pemrograman tentu tidak lah mudah apalagi dalam mengajarkannya kepada anak-anak. salah satu masalahnya adalah kurangnya kemampuan dasar dalam konsep pemrograman. Apalagi istilah-istilah yang sulit dalam pemrograman yang tidak begitu dikenal oleh orang awam dan konsep-konsepnya yang abstrak seperti halnya matematika membuat anak-anak sulit sekali dalam mempelajari dasar pemrograman. untuk memudahkan penyampaian konsep-konsep pemrograman ada satu artikel yang diambil dari jurnal UNS : https://jurnal.uns.ac.id/ijie/article/view/4154/ yang berjudul The Effectiviness of Robomind Software in Basic Programming ditulis oleh Ismi Amrina Maf’ulah, Agus Efendi, Basori yang diterbitkan pada tahun 2017. Artikel ini membahas tent

Pemain-Pemain Fingerstyle yang Perlu Kamu Tahu

Halo Semua.... :D  Kali ini saya mau membahas pemain pemain fingerstyle yg ajib2 *maaf dri kemarin bahasnya fingerstyle mulu wkwkwkw :v lg suka bgt sma fingerstyle broww. Okeehh langsung cek aja dehhh ......        1. Sungha Jung Sungha Jung , lahir pada 1996 di Korea Selatan . . kalo yang satu ini sih emang paling mainstream dan digemari oleh berbagai kalangan ,ke eksisan nya berawal dari video di youtube nya pas masih kecil. Dia emang pake nylon juga ,tapi senjata utamanya yg steel. Selain mengcover super banyak lagu orang ,baik lagu mainstream sampai OST anime dari Studio Ghibli ,sebenarnya dia juga buat dan memainkan komposisi sendiri. . . dia kebanyakan pake standart tuning ,tapi ga kalah banyak juga lagu/arransemennya yang pakai open dan altered tuning VIDEO           2. Andy Mckee Andy Mckee ,asal Amerika . . terkenal dengan lagu Drifting nya di youtube channel nya Candyrats Records ,lagu drifting khas dengan posisi tangan