K3519074 | Royan Gagas Pradana Penulis Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
-
Latar Belakang
Mempelajari materi pemrograman tentu tidak lah mudah apalagi dalam mengajarkannya kepada anak-anak. salah satu masalahnya adalah kurangnya kemampuan dasar dalam konsep pemrograman. Apalagi istilah-istilah yang sulit dalam pemrograman yang tidak begitu dikenal oleh orang awam dan konsep-konsepnya yang abstrak seperti halnya matematika membuat anak-anak sulit sekali dalam mempelajari dasar pemrograman.
untuk memudahkan penyampaian konsep-konsep pemrograman ada satu artikel yang diambil dari jurnal UNS : https://jurnal.uns.ac.id/ijie/article/view/4154/ yang berjudul The Effectiviness of Robomind Software in Basic Programming ditulis oleh Ismi Amrina Maf’ulah, Agus Efendi, Basori yang diterbitkan pada tahun 2017. Artikel ini membahas tentang software Robomind yang membantu keefektivitas pembelajaran dasar pemrograman.
Software Robomind merupakan software yang memudahkan orang-orang untuk mempelajari konsep dasar pemrograman seperti halnya menulis sintaks, konsep variabel, pengulangan, pengkondisian dan lainnya. software ini menggunakan bahasa pemgrograman yang gampang dipahami oleh bahasa manusia atau biasa disebut Level High Language sintaks-sintaksnya sederhana layaknya bahasa pemgrograman Python, ini cocok sekali bagi pemula untuk belajar. Ini dibungkus seperti layaknya kita mengendalikan suatu robot untuk mencapai suatu tujuan, maka kita dituntut harus bisa memerintahnya sampai tujuan robot itu tercapai. Dengan konsep belajar pemrograman seperti ini materi yang ingin tersampaikan jauh lebih mudah dipahami oleh orang-orang karena sifat abstraknya sudah melebur dengan kebahagian dalam bermain mengendalikan robot tersebut.
-
Tujuan Artikel
Tujuan artikel ilmiah adalah menganalisis jurnal The Effectiviness of Robomind Software in Basic Programming, seberapa efektif kah software Robomind membantu dalam proses belajar anak-anak terutama mempelajari dasar-dasar dalam pemgrograman dan membandingkan hasilnya dengan anak yang belajar dasar pemgrograman tidak dibantu dengan software Robomind.
-
Pembahasan
Cara Riset dalam jurnal ini adalah dengan membagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama akan menggunakan Robomind dalam proses belajarnya sedangkan kelompok kedua diajarkan dasar pemrograman tanpa bantuan software Robomind. Sebelum penyampaian materi dasar pemgrogaman anak-anak akan melakukan tes terlebih dahulu, dan pada akhir sesi juga akan diadakan tes akhir. Hal ini bertujuan untuk melihat apakah riset ini akan berdampak kepada para anak-anak sehingga diperlukan tes terlebih dahulu untuk perbandingan.
Tabel 1. Ringkasan Data hasil Pre-test dan Post-test
berdasarkan tabel 1 menunjukan rata-rata nilai pretest kelas eksperimen(menggunakan Robomind) dan kelas terkontrol(tidak menggunakan Robomind) hasilnya hampir sama atau bahkan sama, ini menunjukan bahwa kemampuan para anak-anak sebelum diajarkan menggunakan Robomind itu semua sama. setelah dilakukan pengajaran dengan menggunakan bantuan software Robomind ternyata hasil Post-test menunjukan bahwa kelas eksperimen (menggunakan bantuan software Robomind) rata-ratanya lebih tinggi daripada kelas yang terkontrol (tidak menggunakan bantuan software Robomind). Ketika dilihat dari rata-rata hasil Pre-test dan Post-test kedua kelas menunjukkan suatu peningkatan. tetapi kelas terkontrol lebih rendah hasilnya daripada kelas eksperimen.
-
Kesimpulan
Berdasarkan riset yang sudah dilakukan di atas dan disimpulkan bahwa (1) Ada perbedaan kemampuan antara anak-anak yang belajar dengan bantuan software Robomind dan yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan software Robomind. Hal ini dapat disimpulkan dari hasil Pre-test dan hasil Post-test. (2) Menggunakan bantuan media software Robomind dalam mempelajari dasar pemrograman jauh lebih efektif daripada tanpa menggunakan software bantuan Robomind yang membantu pengingkatan kemampuan para anak-anak. Hal Ini bisa di buktikan dengan jarak nilai Pre-test rata-rata antara kelas eksperimen (menggunakan bantuan software Robomind) dengan kelas terkontrol (tidak menggunakan bantuan software Robomind) dimana kelas eksperimen peningkatan jauh lebih banyak daripada kelas terkontrol.
Latar Belakang
Tujuan Artikel
Pembahasan
Cara Riset dalam jurnal ini adalah dengan membagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama akan menggunakan Robomind dalam proses belajarnya sedangkan kelompok kedua diajarkan dasar pemrograman tanpa bantuan software Robomind. Sebelum penyampaian materi dasar pemgrogaman anak-anak akan melakukan tes terlebih dahulu, dan pada akhir sesi juga akan diadakan tes akhir. Hal ini bertujuan untuk melihat apakah riset ini akan berdampak kepada para anak-anak sehingga diperlukan tes terlebih dahulu untuk perbandingan.
Cara Riset dalam jurnal ini adalah dengan membagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama akan menggunakan Robomind dalam proses belajarnya sedangkan kelompok kedua diajarkan dasar pemrograman tanpa bantuan software Robomind. Sebelum penyampaian materi dasar pemgrogaman anak-anak akan melakukan tes terlebih dahulu, dan pada akhir sesi juga akan diadakan tes akhir. Hal ini bertujuan untuk melihat apakah riset ini akan berdampak kepada para anak-anak sehingga diperlukan tes terlebih dahulu untuk perbandingan.
Kesimpulan
Comments
Post a Comment